23 July 2019

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan bahan alami adalah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki masalah jerawat. Mengapa begitu? Karena dengan memilih metode pengobatan yang alami, maka hasil yang mereka dapatkan bukan hanya hilangnya jerawat saja, bahkan lebih dari itu, seperti wajah halus, putih, cerah berseri dan lain sebagainya.

Jerawat adalah masalah yang terdapat pada kulit wajah dan hampir semua orang pernah merasakannya. Jerawat bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia, Bahkan balita pun terkadang ada yang terkena jerawat. Jerawat dalam istilah medis disebut Acne Vulgaris, artinya jerawat termasuk penyakit kulit dikarenakan adanya kelenjar minyak folikel pada bulu halus/rambut. Biasanya jerawat terjadi/menimpa seseorang pada saat orang tersebut memasuki masa pubertas, baik laki-laki ataupun perempuan. Seseorang yang berada pada masa puber, kelenjar hormon (sebaceous) dalam dirinya mulai tumbuh, kelenjar ini dihasilkan  dari kelenjar adrenal, ketika hormon ini tidak seimbang, dalam artian tubuh memproduksi lebih banyak, maka timbullah jerawat. Ini yang disebut dengan faktor interen penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab lain timbulnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh bakteri, kotoran, debu, asap rokok, obat-obatan tertentu, dan minyak wajah yang berlebih serta penggunakan bahan kosmetik yang tidak cocok bagi kulit. Ini yang disebut dengan faktor ekstern penyebab timbulnya jerawat.

Jenis-Jenis Jerawat

1. Papula

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Jerawat yang satu ini adalah jenis jerawat yang sangat sering dijumpai, karena hampir kebanyakan orang pernah disinggahi oleh jenis jerawat ini. Ciri-ciri dari jerawat papula adalah ia memiliki whitehead atau “mata” yang berbentuk bulatan kecil berwarna putih. Kemunculan whitehead bisa jadi pada hari pertama atau hari kedua ketika jerawat muncul. Untuk menangani atau mengatasi jerawat jenis ini, sangatlah mudah. Biasanya, timbulnya jerawat ini karena kelebihan pemakaian skincare, sehingga hal ini dapat menyumbat pori-pori. Selain itu juga, pola makan yang tidak teratur dan tidak benar seperti konsumsi makanan berlemak yang berlebih, juga bisa mengakibatkan jerawat ini muncul, Disamping itu, faktor hormon juga mempengaruhi timbulnya jerawat ini.

2. Pustula

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Jerawat yang satu ini setingkat lebih berbahaya dibandingkan jerawat papula di atas. Jerawat Pustula adalah jerawat yang mengakibatkan kulit wajah di sekitar jerawat berwarna merah  dengan disertai bengkak. Volume jerawat ini lebih besar daripada jerawat papule. Biasanya ada rasa sedikit sakit apabila jerawat ini disentuh di sentuh. Untuk jerawat ini, diperlukan perawatan yang baik, karena apabila tidak, maka jerawat ini bisa menimbulkan bekas jerawat di kulit wajah.

3. Jerawat Pasir

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Untuk jerawat pasir  kira-kira  hampir sama dengan jerawat biasa atau papula. Hanya saja yang membedakan antara jerawat pasir dengan jerawat papula adalah dari bentuk ukuran dan juga jumlah. Untuk jerawat pasir ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jerawat papula atau jerawat biasa. Jerawat pasir  jumlahnya lebih banyak  daripada jerawat papula atau jerawat biasa dalam satu area. Selain itu juga, jerawat pasir tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali, berbeda dengan jerawat biasa atau papula yang kadang-kadang menimbulkan rasa sakit.

4. Jerawat Batu

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Nah, untuk jerawat yang satu ini, ukurannya lebih besar daripada jerawat yang telah disebut di atas. Biasanya jerawat batu ini bernanah, dan juga menimbulkan rasa sakit karena jerawatnya membengkak. Bagi yang sedang mengalami jerawat batu, melakukan pemencetan dengan tangan terhadap jerawat batu adalah cara yang tidak tepat, bahkan dilarang oleh para dokter, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi terutama Tangan yang kotor, dan pula, akan meninggalkan bekas atau noda hitam di wajah.

5. Jerawat Rosacea

20 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Yang terakhir adalah Jerawat Rosacea, berjerawat ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. jerawat Rosacea ini memiliki ciri-ciri ruam kemerahan, terdapat bintik-bintik jerawat yang merata yang menyerang secara cepat pada bagian muka seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu. Biasanya jerawat rosacea ini sering dialami oleh seorang yang telah berusia 30 tahunan ke atas.

Tindakan Preventif Untuk Mencegahkan Jerawat

  • Bersihkan wajah minimal 2x sehari secara rutin
  • Jangan biasakan meletakkan tangan pada wajah
  • Sebisa mungkin untuk menghindari, kalau tidak bisa, cukup kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak
  • Cukupi Kebutuhan air mineral 2L/hari
  • Manajemen Stres
  • Jangan suka begadang
  • Batasi diri dalam menggunakan Make-up
  • Selalu membersihkan wajah setelah menggunakan make-up
  • Konsumsi kacang-kacangan sebaiknya dihindari
  • Hindari minum minuman beralkohol
  • Hindari wajah terkena sinar ultraviolet secara langsung pada siang hari
  • Rajin berolahraga secara rutin
  • Mandi minimal 2x sehari
  • Gunakan kosmetik yang terbuat dan  berbahan dasar air
  • Hand dari kulit dari menggunakan air terlalu dingin atau panas ketika membersihkan wajah
  • Jaga kebersihan kasur terutama sarung bantal, dan gantilah secara berkala
  • Atur rambut, agar wajah tidak tertutupi oleh rambut

20 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Menghilangkan jerawat dengan bahan yang alami  adalah pilihan yang sangat tepat. Jadi, bagi kalian yang sedang mengalami masalah jerawat, bisa menerapkan beberapa cara dari beberapa cara yang Tebuireng News paparkan di bawah ini, Anda bisa memilih cara yang mana yang paling mudah menurut anda, dan yang pasti adalah tips dari Tebuireng News ini menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda dan mudah didapat.

Perlu diingat, Sebelum anda mengaplikasi bahan-bahan dari tips dibawah ini, pastikan wajah dan tangan anda dalam keadaan bersih.

1. Campuran Madu Dengan Kayu Manis

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan campuran madu dan kayu manis. Kandungan yang terdapat pada madu sangat berguna sekali  sebagai anti bakteri, maka dengan menggunakan madu, tujuannya adalah membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sedangkan kandungan yang terdapat pada kayu manis berfungsi sebagai anti pembekuan serta anti inflamasi. Jadi campuran dari kedua bahan ini sifatnya saling melengkapi satu sama lain. so, resep ini akan sangat efektif untuk menghilangkan jerawat.
Berikut adalah cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Siapkan madu murni sebanyak 1 sdm dan juga bubuk kayu manis sebanyak 1 sdm (perlu diingat bahwa madu yang digunakan di sini harus yang benar-benar murni, bukan madu abal-abal yang banyak dijual di pasaran).
  • Campurkan kedua bahan tersebut, dan aduk hingga merata sehingga berbentuk seperti pasta. 
  • Oleskan ramuan tersebut (campuran madu dan kayu manis sudah berbentuk seperti pasta) pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat secara merata. 
  • Diamkan selama kira-kira 15-20 menit, atau sampai pasta sedikit mengering.
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

2. Putih telur

Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, gunakanlah putih telur. Manfaat dari putih telur yang paling terkenal dan banyak digunakan dalam dunia kecantikan adalah sebagai media untuk mengencangkan kulit. Akan tetapi manfaat lain yang terdapat dalam putih telur adalah ia mampu bahkan sangat efektif untuk menghilangkan jerawat membandel. Kandungan protein yang terdapat pada putih telur sangat berguna untuk menyerap kelebihan minyak dan membangun sel-sel kulit rusak yang biasanya dari sinilah penyebab timbulnya jerawat.
Berikut adalah cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Siapkan telur ayam kampung "cukup satu saja" (ingat..!! telur ayam kampung, bukan ayam lainnya) dan ambil bagian putihnya saja. 
  • Oleskan secara merata  putih telur tersebut pada bagian wajah yang berjerawat (anda bisa menggunakan kuas, ataupun jari anda sendiri). 
  • Diamkan kira-kira selama 15-20 menit, atau hingga mengering.
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir, dan keringkan dengan handuk.
  • Sebaiknya kamu menggunakan treatment ini sebanyak 2-3x dalam seminggu.

3. Baking Soda

Bagi orang yang sering membuat kue, baking soda sudah tidak asing lagi baginya karena baking soda merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue. Banyak orang yang tahu bahwa baking soda adalah bahan campuran untuk membuat kue, tapi jarang yang tahu kalau baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Dengan menggunakan baking soda, maka pori-pori wajah yang awalnya membesar dan terbuka dapat mengecil dan tertutup. Dengan mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, maka wajah tidak mudah terkena jerawat.
Berikut adalah cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Tuangkan baking soda pada air putih secukupnya, lalu aduk hingga merata, hingga terbentuk pasta baking soda. 
  • Oleskan pasta baking soda tersebut pada bagian kulit wajah yang ditumbuhi jerawat secara merata. 
  • Diamkan kira-kira selama 10-15 menit atau sampai pasta mengering.
  • Setelah mengering, bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukanlah tips di atas setiap hari secara rutin, hingga jerawat yang menempel di kulit wajahmu betul-betul hilang.
Peringatan..!! Jika kulit wajahmu mengalami iritasi selama pemakaian, sebaiknya segera hentikan treatment dengan menggunakan baking soda ini.

4. Bawang Putih

Siapa sangka kalau bawang putih yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan dan akrab dengan dapur ini mampu menghilangkan jerawat yang membandel? Pada bawang putih terdapat kandungan kalsium, seng, sulfur, dan allicin, yang mana zat-zat ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab jerawat batu.
Berikut cara pembuatan dan penggunaan bawang putih guna menghilangkan jerawat batu:
  • Siapkan sebanyak 3-4 siung bawang putih yang masih segar. Bersihkan dan buang kulitnya, kemudian cuci.
  • Haluskan bawang putih tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender. 
  • Bawang putih yang telah halus tersebut oleskan pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat. 
  • Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering. 
  • Bilas wajah dengan air kemudian keringkan dengan handuk. 
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga jerawat menghilang.

5. Pepaya mentah

Untuk dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai solusinya, yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya. Akan tetapi untuk menghilangkan jerawat Anda menggunakan buah pepaya yang mentah, karena pepaya yang mentah sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang sering muncul di wajah. Pepaya mentah dapat menghilangkan jerawat, karena di dalam pepaya mentah terdapat kandungan papain yang berfungsi secara efektif mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit wajah. Selain itu, manfaat buah pepaya dapat mencegah terbentuknya lipid serta mengurangi sel-sel kulit mati, serta dapat menghaluskan kulit wajah. 
Berikut cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Siapkan pepaya mentah yang masih segar, lalu potong-potong dan ambil secukupnya bagian dagingnya saja, kemudian cuci bersih.
  • Haluskan buah pepaya tersebut dengan menggunakan blender hingga berbentuk seperti pasta. 
  • Gunakan pasta pepaya dengan cara di oleskan secara merata pada bagian wajah yang berjerawat. 
  • Diamkan kira-kira selama 15-20 menit atau hingga mengering.
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara rutin tiap hari, atau minimal 2-3x seminggu.

6. Tomat

Tomat yang Biasanya kita gunakan sebagai campuran bahan untuk membuat sambel, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita, seperti menjaga kesehatan mata, dan juga manfaat untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat. Pada buah tomat terdapat kandungan zat besi, kalsium, belerang, vitamin A, C, dan B1 yang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan juga mencegah peradangan akibat jerawat. Berikut cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Pilihlah satu buah tomat yang segar dan matang.
  • Belah tengahnya menjadi dua bagian.  Gosok-gosokkan irisan tomat secara merata dan perlahan (agar meresap) pada bagian kulit wajah yang berjerawat. 
  • Diamkan kira-kira selama 15-20 menit atau hingga mengering. 
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir, dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan perawatan ini secara rutin tiap hari.

7. Campuran air jeruk nipis, kunyit dan madu

Ketiga bahan ini, yaitu Jeruk nipis, kunyit dan madu merupakan bahan alami yang sudah tidak asing di telinga kita dalam menangani masalah kesehatan. Hal itu dikarenakan ketiga bahan alami ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga stamina tubuh, menurunkan panas tubuh, mengobati batuk dan lain sebagainya. Di samping itu pula, campuran dari ketiga bahan alami ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat pada wajah secara cepat. 
Berikut ini cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Siapkan 1 potong kunyit, bersihkan dan haluskan dengan blender
  • Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan 1 sdm madu murni. 
  • Campur ketiga bahan tersebut dalam satu wadah dan aduk hingga merata.
  • Campuran dari ketiga bahan di atas, oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata. 
  • Diamkan selama 15-20 menit hingga mengering. 
  • Bilas dengan air kemudian keringkan dengan handuk halus. 
  • lakukan Cara ini secara rutin setiap hari hingga jerawat menghilang.

8. Lemon

Buah yang kaya akan vitamin C ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat membandel. Hal tersebut karena terdapat Asam sitrat yang bermanfaat untuk mengeringkan jerawat serta membantu dalam pengelupasan kulit. Disamping itu, manfaat dari buah lemon adalah ia sangat efektif menyamarkan noda jerawat dengan cara membuat kulit wajah lebih cerah. 
Cara pembuatan dan penggunaannya yaitu:
  • Siapkan satu buah lemon segar dan iris-iris menjadi beberapa bagian. 
  • Peras lemon tersebut untuk mendapatkan airnya. 
  • Air perasan dari lemon  oleskan pada kulit wajah yang berjerawat secara merata. 
  • Diamkan kira-kira selama 15-20 menit atau hingga mengering.
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Agar jerawat cepat menghilang, Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

9. Es Batu

Es batu memiliki manfaat dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar jerawat dan juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga kotoran pada kulit dan minyak berlebih dapat mudah hilang.
Manfaat es batu lainnya yaitu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
Berikut adalah cara menggunakan es batu:
  • Siapkan es batu secukupnya. 
  • Tempel es batu pada kulit wajah yang berjerawat (Kalau tidak kuat secara langsung, bisa  menggunakan pembungkus, bisa menggunakan kain tipis). 
  • Jalankan dan usap-usapkan es batu pada area wajah yang berjerawat secara perlahan dan merata. 
  • Ulangi cara ini sebanyak 10-15 kali.
  • Lakukan secara rutin.

10. Lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal manfaatnya untuk rambut, tapi tidak banyak yang tahu kalau lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, bahkan bagi jerawat yang sudah meradang. Bahkan manfaat lidah buaya pun lebih dari itu, lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan minyak wajah yang berlebih, yang dalam hal ini wajah berminyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.
Berikut adalah cara pembuatan dan penggunaannya:
  • Siapkan lidah buaya yang agak sedikit besar, agar gel yang didapat agak banyak.
  • Belah lidah buaya dan ambil gel nya
  • Oleskan gel lidah buaya  tersebut pada bagian wajah berjerawat. 
  • Setelah 30-60 menit atau sampai mengering. 
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang  maksimal, Lakukan cara ini maksimal 1-2x seminggu secara rutin.

11. Mentimun/timun 

Mentium atau timun yang sering kita buat lalapan ini, ternyata sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Disamping itu timun sangat mudah ditemukan dan juga sangat murah harganya. Untuk mengatasi masalah jerawat menggunakan mentimun atau timun caranya sangat mudah sekali. Cukup iris mentium, (tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal). Setelah itu,  cukup ditempelkan pada area yang berjerawat. Anda bisa mencampurkan madu pada timun bahkan tanpa campuran apapun itu sudah cukup. Kadar air yang terdapat pada timun cukup baik sekali sehingga mudah diserap oleh kulit wajah.

12. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki kandungan antibakteri di dalamnya, dengan begitu minyak ini bisa diandalkan untuk mengatasi masalah jerawat. Keampuhan dari antibakteri yang dimiliki oleh minyak ini maka infeksi yang disebabkan oleh bakteri bisa dicegah. Dan minyak pohon teh ini sama dengan minyak minyak lainnya yang berhasiat untuk mengobati luka luar, bukan untuk dikonsumsi.
  • Campuran minyak pohon teh dengan air putih, Buatlah perbandingan 1:9 supaya encer.
  • Siapkan bola kapas. 
  • Sebelum menggunakan minyak ini, terlebih dahulu bersihkan wajah.
  • Setelah itu, Celupkan bola kapas ke air campuran minyak teh tersebut, kemudian oleskan ke area wajah yang berjerawat.

13. Kulit Pisang

Pada kulit pisang terdapat kandungan Lutein. Lutein baik bagi kulit karena termasuk dalam kategori antioksidan. Sehingga banyak orang-orang dahulu menjadikan kulit pisang sebagai obat jerawat tradisional. Jadi kalau anda mengkonsumsi pisang, kulitnya jangan dibuang, karena bisa  dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup dengan menggosok-gosokan bagian dalam kulit pisang ke jerawat, dan tunggu setengah jam, agar nutrisi yang terdapat di dalamnya bisa diserap oleh kulit wajah lalu bilas dengan air bersih.

14. Masker Alpukat & Madu

Alpukat dan madu adalah media alami yang sangat banyak manfaatnya, terutama untuk kecantikan. Buah alpukat mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kulit. Sedangkan madu mengandung zat hidrogen peroksida yang sangat baik untuk menjaga kulit dari bakteri (antibakteri).
Untuk memperoleh manfaat dari kedua bahan alami ini, caranya sebagai berikut:
  • Ambil daging alpukat dan taruh di wadah. 
  • Haluskan daging alpukat (bisa menggunakan blender)
  • Tambahkan 1 sdm madu asli, kemudian aduk hingga merata
  • Aplikasikan masker alpukat dan madu ini pada wajah hingga merata, dan tunggu kurang lebih selama 15 menit
  • Terkhir, Bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Keringkan wajah dengan menggunakan handuk halus.

15. Oatmeal

Mengkonsumsi Oatmeal dapat memberikan dampak yang positif pada jantung, Disamping itu, ternyata oatmeal bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat membandel. Caranya pun sangat mudah, yakni:
  • Siapkan seporsi oatmeal, air panas yang baru matang dan madu mentah sebanyak 2 sdm. 
  • Tuangkan air panas pada oatmeal,  Ketika oatmeal masih dalam kondisi panas, tambahkan/campurkan madu mentah tersebut, lalu aduk hingga merata. 
  • Tunggulah sampai ramuan ini dingin, setelah itu balurkan ke area kulit wajah yang berjerawat atau bisa juga ke seluruh permukaan wajah sebagai masker. 
  • Tunggulah sampai mengering, kira-kira sekitar 30 menit. Setelah itu silakan dibilas dengan menggunakan air hangat.

16. Peppermint

Peppermint adalah herbal aromatik tertua dan memiliki khasiat yang sangat banyak sekali seperti mengatasi masalah kejang otot dan pencernaan. Daun peppermint memiliki efek rasa mentol, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah berjerawat. Berikut cara membuat dan menggunakan daun peppermint untuk kulit wajah berjerawat:
  • Ambil beberapa helai daun peppermint (utamakan yang tua)
  • Haluskan daun peppermint dengan menggunakan blender atau ditumbuk
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah yang berjerawat secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari.
Selain berkhasiat dapat menghilangkan jerawat, manfaat lainnya dari peppermint untuk wajah  yaitu bisa mengatasi wajah kusam dan dapat membantu mencerahkan warna kulit.

17. Air Beras

Sebelumnya, Tebuireng News sudah pernah membahas manfaat dari air beras. Air beras memiliki manfaat dan khasiat yang  begitu luar biasa  untuk memperelok wajah. Tapi Pada kesempatan kali ini akan kita bahas cara menghilangkan jerawat dengan air beras.
Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan air beras, cara sebagai berikut :
  • Yang perlu anda perhatikan adalah ambil air beras dari cucian yang terakhir
  • Diamkan air cucian beras tersebut kira-kira selama 60 menit atau hingga butiran-butiran lembut yang seperti tepung  mengendap berada di bawah.
  • Buanglah air beras tersebut hingga tersisa hanyalah butiran-butiran lembut yang seperti tepung yang mengendap berada di bawah
  • Oleskan endapan tersebut pada wajah yang berjerawat secara merata
  • Diamkan selama 15-20 menit atau hingga mengering
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini minimal 2-3x seminggu. 
Air beras selain dapat mengatasi masalah jerawat, air beras juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah, mengatasi kulit wajah yang kusam dan juga dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

18. Garam laut

Untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah, Anda bisa menggunakan garam laut. Garam laut dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat, karena garam laut memiliki kandungan yang bisa membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, garam laut juga bisa digunakan untuk melarutkan minyak berlebih pada kulit wajah yang menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori.
Berikut ini cara pembuatan dan penggunaanya :

  • Sediakan garam laut sebanyak 1 sdt dan air panas sebanyak 3 sdt.
  • Larutkan garam laut ke dalam air panas tersebut.
  • Aduk air tersebut hingga garam lautnya larut di dalamnya
  • Tunggu sampai dingin, setelah itu oleskan ke permukaan wajah hingga merata.
  • Tunggu sampai 10 menit atau hingga mengering
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir,  dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan perawatan ini sebanyak 1-2x seminggu

Sebelumnya anda harus memastikan  terlebih dahulu bahwa, garam yang anda pakai benar-benar garam laut, bukan garam meja, karena kalau garam garam meja yang anda pakai, garam meja mengandung NaCL dan biasanya mengandung yodium di dalamnya. Untuk lebih mudahnya, periksalah terlebih dahulu kemasannya, supaya Anda mengetahui kandungan yang terdapat didalam garam tersebut.

19. Strawberry

Strawberry memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengatasi kadar minyak dalam tubuh. Oleh karena itu, strawberry sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah dan punggung. Selain itu, strawberry juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.
Berikut cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan strawberry:

  • Siapkan beberapa buah Strawberry yang masih segar.
  • Cuci hingga bersih, Lalu blender hingga halus.
  • Oleskan buah strawberry yang sudah halus tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit atau hingga mengering
  • Lalu bilaslah wajah dengan menggunakan air yang bersih yang mengalir, dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari.

Cara lain yang bisa kamu gunakan dengan menggunakan buah strawberry yaitu dengan mengkonsumsi langsung buah strawberry, lambat laun jerawat akan hilang dengan sendirinya. Dan inilah perawatan untuk menghilangkan jerawat dari dalam.

20. Kentang

Vitamin C yang terdapat pada kentang merupakan antioksidan yang bagus untuk mencegah kerusakan sel. Selain itu, dalam kentang terdapat kandungan alkali yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat, khususnya jerawat batu.
Cara pembuatan dan penggunaan  yaitu  sama  dengan  cara membuat masker dari buah strawberry. Yaitu haluskan dengan blender lalu dibuat sebagai masker

Demikian informasi yang dapat Tebuireng News paparkan mengenai masalah jerawat dan 20 cara menghilangkan jerawat secara alami. semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon