23 July 2019

13 KESALAHAN SAAT MENCUCI MUKA

Jangan Salah Saat Mencuci Muka 


Melakukan Kesalahan Saat Mencuci Muka, maka Jerawat di wajah tidak tidak kunjung hilang, komedo yang membandel selalu aja masih ada, wajah terlihat kusam, dan lain sebagainya. Mungkin itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kamu bingung sendiri, padahal perawatan dan pembersih wajah sudah kamu gunakan setiap hari. dan wajahmu selalu kamu bersihkan setiap hari, tapi tetap saja ada yang namanya jerawat, komedo, kusam dan lain-lain. Hmm, coba kamu perhatikan wajahmu ketika selesai membersihkan wajah, sudah benarkah caramu membersihkan wajah?

Artikel kali ini akan kami ulas cara yang benar guna menjadi solusi buat kamu agar kamu tidak salah saat mencuci muka.

13 KESALAHAN SAAT MENCUCI MUKA


Hindari 13 Kesalahan Saat Mencuci Muka


Kesalahan di dalam menggunakan cara mencuci muka dapat membuat kulit wajah bermasalah sehingga kamu harus tahu cara yang benar dalam mencuci muka. Para dokter kesehatan dan kecantikan di dunia  menyarankan  bahwa dalam setiap hari kita minimal mencuci wajah dua kali sehari  hal ini dimaksudkan  untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah  Apalagi setelah beraktivitas seharian.

Cuci muka adalah salah satu cara paling efektif dan paling mudah untuk membersihkan wajah dari debu atau kotoran yang menempel pada wajah. Kalau hanya mencuci wajah sudah bisa dipastikan banyak orang yang bisa melakukan hal tersebut, akan tetapi menjadi masalah adalah sudah benarkah kegiatan mencuci wajah tersebut?

Karena salah di dalam mencuci wajah hal ini dapat merusak kulit wajah, bahkan membuat wajah yang awalnya bersih menjadi berjerawat.

Berikut ini adalah bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dalam mencuci muka, yaitu:

1. Mencuci muka dengan telapak tangan yang kotor

Telapak tangan adalah anggota tubuh yang paling sering melakukan  kontak  dengan berbagai macam benda. Ketika kita memegang sebuah benda, bagian kita sengaja atau yang tidak kita sengaja, kita tidak tahu apakah benda tersebut bersih atau kotor dan kita pun tidak tahu benda tersebut mengandung bakteri atau kotoran yang nantinya bakteri dan kotoran tersebut akan menempel di telapak tangan kita. Ketika benda yang kita pegang itu bersih maka hal itu no problem akan tetapi bagaimana ketika benda yang kita pegang itu kotor atau berbakteri, dari sinilah sumber masalah itu

Jika kamu hendak membersihkan wajah  tetapi  kamu tidak membersihkan telapak tangan kamu terlebih dahulu itu artinya kamu sedang memindahkan semua bakteri dan kotoran yang ada di telapak tangan kamu ke wajah kamu. Oleh karena itu ketika kamu hendak membersihkan wajah kamu pastikan telapak tangan kamu bersih terlebih dahulu  sebelum kamu membersihkan wajahmu.

2. Pilih produk sembarangan

Merawat wajah dengan menggunakan media pembersih wajah  memang baik. Di media informasi seperti televisi atau radio bertebaran banyak sekali produk-produk untuk pembersih wajah yang ditawarkan. Nah disinilah banyak para pengguna produk pembersih wajah yang asal memilih Karena terpikat oleh iklan di TV atau radio atau karena rekomendasi teman. Memilih produk pembersih wajah yang asal-asalan atau gonta-ganti produk karena terpikat oleh manisnya iklan maka hal ini dapat menimbulkan masalah kulit wajah seperti munculnya flek pada wajah jerawat, wajah berminyak, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu maka ketika kamu ingin membeli produk pembersih wajah, kamu harus mengenali dulu jenis kulit kamu, setelah itu Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

3. Gunakan pelembap untuk kulit kering

Menggunakan pelembab  adalah cara terbaik  untuk  membuat kulit wajah kamu  terhalang dari radikal bebas, racun dan partikel asing yang membahayakan bagi kulit kamu.

Untuk menggunakan pelembab kamu bisa menggunakannya setelah kamu mencuci muka. Untuk mendapatkan hasil  yang maksimal dari penggunaan pelembab adalah oleskan pelembab dan pijatlah wajah  dengan lembut dan melingkar.

Menggunakan pelembab ada baiknya ketika wajah benar-benar kering setelah dicuci lalu mulailah melumuri wajah dengan pelembab dan gerakan yang baik adalah gerakan ke atas, Hal ini dilakukan untuk menghindari tertariknya kulit dan manfaat dari produk pelembab tersebut lebih maksimal dan aktif.

4. Menggunakan suhu air yang salah

Banyak mitos yang mengatakan bahwa  mencuci muka dengan air yang panas  dapat menyehatkan  kulit wajah  karena dengan mencuci  wajah menggunakan air yang panas pori-pori akan terbuka dan ketika menggunakan air kecil pori-pori akan mengecil. Pemahaman semacam ini tidaklah benar karena pori-pori tidak memiliki otot sehingga dia bisa membuka dan menutup. Bahkan ketika mencuci wajah dengan menggunakan air panas justru akan membuat kulit wajah menjadi iritasi dan kering. Oleh karena itu, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan mencuci wajah dengan menggunakan air panas dan berganti lah dengan cara yang benar yaitu dengan menggunakan air hangat agar lebih aman untuk kulit wajah.

5. Terlalu sering cuci muka

Mencuci muka mama memberi manfaat membersihkan kotoran dan radikal bebas yang menempel pada kulit wajah. Akan tetapi selalu ketika kamu sering mencuci wajah melebihi 2 kali sehari bukan malah berdampak baik pada kulit wajah akan tetapi berdampak negatif pada kulit wajah. Video kok lakukan pencucian wajah sehari dua kali yaitu pada pagi dan malam hari.

Kenapa mencuci wajah lebih dari 2 kali dalam sehari dapat berdampak negatif?
Karena mencuci wajah sekarang sering dapat menyembuhkan kulit wajah dan hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit wajah.

6. Terlalu sering exfoliasi

Melakukan exfoliasi biasanya dilakukan sekitar satu hingga tiga kali seminggu. Jangan melakukan exfoliasi secara berlebihan, karena hal ini dapat membuat kulit infeksi, iritasi, kering dan peradangan. Kerusakan kulit karena exfoliasi ini akan menimbulkan jerawat pada kulit wajah.

Oleh karena itu, tips terbaik bagimu ketika melakukan exfoliasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan efektif mengangkat kulit mati adalah Gunakanlah jari-jarimu dalam mengaplikasikan krim exfoliator dengan handuk yang lembap guna mencegah tergores atau tertariknya kulit. Kamu juga bisa memijat secara melingkar dengan lembut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Membilas secara terburu-buru

Ketika kamu mandi dan kamu lakukan hal itu dengan cara yang tergesa-gesa dan terburu-buru dengan kata lain mandi kilat, apakah hal ini dapat menghilangkan semua kotoran yang menempel pada tubuhmu?

Begitu juga halnya ketika kamu mencuci wajah dengan cara kilat. Melakukan pembersihan pada wajah dengan cara kilat tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal dan hal ini tidaklah baik bagi kulit wajah kamu karena masih ada kotoran dan minyak yang belum hilang dari wajah. Agar mendapatkan kulit wajah baik dan prima maka luangkan waktu minimal 2 menit untuk mencuci wajah dengan benar.

lakukan pijatan lembut kepada seluruh area wajah terutama di dahi dan hidung karena disanalah area yang banyak mengeluarkan minyak. Tips yang bisa kamu lakukan juga adalah menggunakan milk cleanser yaitu dengan cara mengusapkannya secara menyeluruh dan perlahan serta melingkar ke atas ke seluruh wajah. Lakukan cara ini sekitar tiga puluh detik, hal ini sangat bermanfaat untuk memecah sisa make up dan minyak.

8. Produk berbahan kimia

Menggunakan produk kecantikan yang memiliki dasar bahan kimia harus kamu teliti terlebih dahulu agar kamu tidak salah dalam memilih produk pembersih wajah. perhatikanlah komposisi dari produk yang kamu gunakan. Apakah dalam komposisi produk tersebut ada zat pewarna, pengharum dan parabans. Karena komposisi ini tidak baik bagi kulit wajah. Dan juga hindari produk yang memiliki kandungan komposisi deterjen berkonsentrasi tinggi, sodium lauril sulfat atau SLS. Karena bahan-bahan ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan reaksi alergi pada kulit wajah.

9. Melewatkan face oil

Banyak orang yang menyangka bahwa minyak adalah musuh utama bagi kulit yang berminyak. Seorang Ahli dermatologis dan kecantikan menjelaskan bahwa minyak begitu bersahabat dengan semua jenis kulit dan umumnya, karena minyak akan larut jika bertemu sesama minyak.

Oleh karena itu, dengan adanya free oil maka bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat dapat dicegah pada wajah yang berminyak. Selain itu, manfaat dari face oil adalah menjaga kelembaban kulit sehingga kadar pH pada kulit wajah bisa seimbang.

10. Kebiasaan menggosok


Di dalam mengaplikasikan masker, pembersih ataupun exfoliant pada kulit wajah kamu haruslah dilakukan dengan hati-hati. Karena, ketika  kamu menggosok kulit wajah atau kamu terlalu kencang hal ini maka hal ini dapat menarik kulit. Oleh karena itu, janganlah menggosok kulit wajah dengan kencang dalam kondisi kering, karena dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Jadi sebaiknya yang kamu lakukan adalah menunggu wajah mengering sendiri setelah mencuci wajah atau kamu bisa menepuk-nepuknya saja dengan handuk bersih.

11. Produk mahal pasti lebih baik

Banyak orang yang berkeyakinan bahwasanya produk yang lebih mahal pastinya lebih baik dan lebih ampuh di dalam memberikan manfaat.  sebaiknya kamu jangan terburu-buru untuk membeli produk pencuci wajah yang mahal hanya untuk membersihkan wajah dan menghasilkan hasil yang maksimal. Karena yang sebenarnya adalah memilih produk pencuci muka tidaklah harus mahal.

Karena yang terpenting adalah bukan seberapa mahal harganya, akan tetapi yang terpenting adalah produk kecantikan tersebut sesuai dengan kulit wajah kamu. Bahkan kamu juga bisa menggunakan pembersih wajah yang harganya jauh lebih murah dan lebih irit yaitu dengan menggunakan bahan alami yang memiliki kandungan yang bermanfat dalam jangka panjang, seperti moisturizer dan serum vitamin.

12. Mencuci wajah tanpa membersihkan make up terlebih dahulu

jika kamu suka dan sering menggunakan make up pada wajah, maka hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan make up  tersebut sebelum mencuci nya.

Sebelum mencuci muka, kamu harus menghilangkan dan membersihkan make up yang ada pada wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih make up atau removal. Membersihkan wajah dengan menggunakan make up removal membersihkan make up yang menempel pada pori-pori kulit wajah.

13. Menggunakan handuk kasar

kesalahan terakhir yang biasanya banyak orang lakukan adalah setelah membersihkan wajah mereka tidak peduli dengan handuk yang mereka gunakan. Yang benar adalah gunakanlah handuk yang berbahan lembut, bukan dengan handuk yang berbahan kasar. karena, ketika kamu menggunakan handuk yang berbahan kasar maka hal itu akan mengakibatkan iritasi pada wajah. Gunakanlah handuk khusus yang berbahan lembut untuk wajah. Tips bagi kamu adalah gunakan handuk khusus yang berbeda, artinya ada handuk khusus untuk membersihkan wajah ada handuk untuk membersihkan tubuh hal ini bertujuan untuk menghindari bakteri yang menempel pada kulit wajah.

Itulah uraian mengenai 13 kesalahan saat cuci muka yang bisa kamu aplikasikan, sekarang kamu tinggal perhatikan apakah caramu selama ini sudah benar atau belum. Jika belum, maka  kamu harus merubah caramu yang salah selama ini. Lakukanlah cuci wajah sesuai dengan apa yang kami paparkan di atas agar wajahmu tidak mengalami masalah seperti jerawat, kusam, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon