23 July 2019

5 MANFAAT TIMUN UNTUK WAJAH YANG BERSIH BERSINAR

Dengan Timun Wajah Bersih Bersinar


Manfaat timun untuk wajah yaitu timun dapat membuat wajah lebih bersih dan bersinar. Timun yang kita ketahui tak lebih dari sekedar lalapan pelengkap sayur di meja makan kita. Tak banyak orang yang mengetahui akan manfaat timun bagi wajah. Padahal, dengan menggunakan media timun, maka berbagai masalah wajah mulai dari yang ringan sampai berat dapat diatasi dengan mudah.

Lalu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari timun jika anda buat sebagai perawatan wajah? Artikel kali ini akan mengulas mengenai manfaat timun bagi wajah.

5 MANFAAT TIMUN UNTUK WAJAH YANG BERSIH BERSINAR

Berbagai Macam Manfaat Timun untuk Wajah


1. Timun Mampu Mengencangkan Pori-pori Wajah

Timbulnya jerawat pada wajah, salah satunya disebabkan oleh lubang pori-pori yang cukup besar. Keberadaan lubang pori-pori yang besar membuat kotoran debu yang halus atau polusi udara dapat dengan mudah masuk ke dalam pori-pori, sehingga kotoran tersebut bisa menyumbat pori-pori. Dari sinilah, maka muncul yang namanya jerawat. Timun dapat mengatasi masalah jerawat, karena dengan menggunakan timun pori-pori kulit wajah yang besar dapat dikencangkan dengan mudah,  sehingga jerawat yang akan tumbuh dapat dicegah dan jerawat yang sudah ada, tidak akan bertambah parah.

Penggunaan timun untuk media perawatan tergolong sederhana.

  • Pertama siapkan timun yang sudah ditumbuk halus (bisa menggunakan parut atau blender), perasan lemon, putih telur, tomat yang dihaluskan, dan gel lidah buaya (keseluruhan bahan diatas adalah bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat, sekaligus bekas jerawat). 
  • Campur dan aduk hingga merata semua bahan diatas, lalu kemudian aplikasikan pada wajah yang berjerawat. 
  • Lakukan perawatan semacam ini minimal 1 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil terbaik. Niscaya jerawat akan hengkang  dari wajah anda dan jerawat baru akan enggan datang kembali.

2. Timun Dapat Merawat Kulit Yang Terbakar Matahari

Sinar ultraviolet secara langsung mengenai pada tubuh dapat membuat  bagian kulit yang terkena sinar terasa terbakar, itu artinya  kulit bagian tersebut membutuhkan penyegaran. Sensasi dingin yang dimiliki oleh timun sangat baik digunakan untuk kulit yang terkena iritasi karena terbakar matahari, sifat dingin yang diberikan oleh timun pada kulit yang terkena iritasi sinar matahari dapat menenangkan kulit. Bahkan juga  dapat menyembuhkan iritasi tersebut. Untuk mengatasi  kulit yang terkena iritasi  sinar matahari  hanya sangat mudah.

  • Cara pertama, ambil timun dan Iris tipis-tipis berbentuk lingkaran, kemudian tempelkan potongan timun tersebut ke seluruh permukaan wajah yang terkena iritasi. 
  • Cara kedua, ambil timun  dan potong  menjadi potongan yang kecil-kecil, lalu tumbuk hingga menjadi halus (bisa juga menggunakan blender), Buatlah mentimun tersebut sebagai masker, tempelkan pada bagian wajah yang terkena iritasi. Perlu diingat, Untuk perawatan ini, jangan dilakukan pada kulit yang luka terbuka.

3. Timun Mampu Mengurangi Minyak Di Wajah

Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak yang berlebih, Anda tak perlu repot-repot lagi ke mana-mana bawa tisu saat bepergian hanya untuk menghilangkan minyak wajah yang berlebih pada wajah. Cukup dengan melakukan perawatan menggunakan timun, maka minyak yang terdapat pada wajah anda dapat dikurangi.
Untuk menghilangkan minyak pada wajah dengan menggunakan timun memang membutuhkan waktu, Jadi diharapkan untuk bersabar dalam mengatasi wajah berminyak.

  • Sama halnya dengan cara-cara sebelumnya, yaitu lakukan perawatan dengan menjadikan timun sebagai masker. 
  • Untuk bagian T (kening dan hidung), berilah masker timun yang agak banyak atau tebal. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, yaitu wajah bebas dari minyak, sebaiknya treatment ini dilakukan 2 kali seminggu. Dan jangan lupa  untuk perawatan wajah berminyak, setelah melakukan treatment ini, Aplikasikan moisturizer khusus untuk wajah berminyak.

4. Timun Akan Mengurangi Lingkaran Hitam Di Mata

Adanya lingkaran hitam di mata, dapat menyebabkan seseorang kurang sedap dipandang. Adanya lingkaran di mata banyak penyebabnya diantaranya kurang istirahat, menangis semalaman, dan lain-lain. Bagi Anda yang memiliki masalah adanya lingkaran hitam di mata, timun bisa digunakan sebagai solusi untuk mengurangi lingkaran hitam yang tak sedap dipandang ini. Hal ini dikarenakan, pada diri timun terdapat zat penting seperti silika maupun antioksidan yang mampu meremajakan kulit. Bahkan lebih dari itu, zat ini mampu membuat kulit terasa sangat halus. Caranya adalah,

  • Buatlah irisan timun tipis-tipis berbentuk lingkaran dan tempelkan di mata selama sekitar setengah jam. 
  • Lakukan Cara ini setiap hari dengan rutin sampai lingkaran hitam di bawah mata memudar.

5. Timun Bisa Mengurangi Flek Atau Bintik Hitam

Adanya bintik hitam di wajah, baik itu karena terkena sinar matahari ataupun  karena faktor umur atau terjadi penuaan dini, memang mengganggu pemandangan dan penampilan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah bintik hitam atau flek adalah menggunakan cara yang alami. Timun mampu menghilangkan masalah bintik hitam atau flek pada wajah, caranya yaitu, cukup gunakan timun sebagai tonik. Cara pembuatannya sangat sederhana yaitu ;

  • parut timun sampai cukup halus (bisa juga menggunakan blender),
  • lalu campurkan sedikit air mawar atau air bersih (kalau memang tidak ada).
  • Aplikasikan tonik timun ini ke seluruh bagian wajah yang memiliki bintik-bintik hitam maupun flek. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang cukup baik lakukan Cara ini 2 sampai 3 kali seminggu, niscaya wajah anda terlihat jauh lebih bersih.

Silakan Anda coba beberapa tips dari manfaat timun untuk wajah ini, disamping murah, faktor bahan alami akan membuat anda tidak perlu lagi was-was dan takut, karena dengan menggunakan bahan kecantikan yang alami, tidak akan terjadi efek samping yang berbahaya pada wajah dan kecantikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon